Google+

Google+ adalah sebuah jejaring sosial baru yang tentu saja dikeluarkan oleh raksasa internet Google. Banyak orang bilang bahwa Google+ adalah saingan dari jejaring sosial sebelumnya (facebook). Engineer Senior Google, Vic Gundotra kepada Bangkok Post berkata: “Kami (google) ingin memperbaiki pengalaman berbagi di internet sebelumnya.”
Jadi, apakah Google+ adalah saingan atau bukan dari facebook saya tidak akan membahasnya disini. Disini saya akan membahas apa saja yang ada di dalam google + (menurut saya pribadi)
Dalam Google + dikenal istilah circle (lingkaran), Circle di dalam google + adalah pemisahan atau pengelompokan masing masing teman yang sudah kita punya di dalam Google +. Jadi misalkan teman “SMA” saya bernama “A” dan “B” saya masukkan ke circle yang bernama “SMA” kemudian teman kantor saya bernama “C” saya masukkan ke circle yang bernama “KANTOR” dan begitu seterusnya.
Sama seperti jejaring sosial sebelumnya, kita juga dapat melakukan share foto kepada teman – teman kita di dalam circle ataupun untuk umum. Kegunaan circle sangat berasa disini, kita tidak sembarangan untuk membagikan foto kita kepada orang yang tidak berkepentingan, jadi agak lebih eksklusif.
Begitu juga dengan status yang akan kita buat. Kalau tidak salah di Google+, kita bisa membuat status dan kita dapat memilih circle siapa saja yang bisa melihat status kita bahkan kita dapat memilih tiap tiap individu. Jika kita ingin membagikan status kita kepada circle, kita tinggal mengklik pada tempat yang ada. Bila ingin membagikan kepada individu, kita tinggal mengetik nama dan otomatis akan keluar list nama yang kita mau.
Begitu juga jika ingin membagikan video ataupun link. Sama seperti foto dan status yang telah saya sebutkan diatas.
Di dalam versi mobile, ada namanya huddle. Huddle itu seperti blackberry group pada blackberry. Anda dapat melihat apakah handphone anda sudah bisa untuk mengakses applikasi Google+ dengan mengklik tulisan ini. Kebetulan saya memakai Android jadinya yang saya tahu hanyalah Android.

Kelebihan Google+
Adanya fitur hangout. Kita dapat melakukan teleconfrence dengan teman kita di dalam satu circle ataupun beberapa individu (sama seperti status yang telah saya sebutkan diatas). Ketika kita membuka hangout, pop-up akan muncul yang meminta kita untuk install plug-in.
Notifikasi dalam Google+ terdapat pada sebelah kanan atas. Jadi kalau masih pada kebingunan bisa langsung melihat kotak berwarna merah yang biasanya ada di kanan atas.
Sumber : hendrik-setiawan.com

0 komentar:

Powered by Blogger.