VIBER, Aplikasi Messenger Yang Mirip Dengan WhatsApp



Mungkin banyak di antara kita yang belum mengenal aplikasi Viber. Bagaimana dengan WhatsApp? Nah, pasti kenal kan? Viber adalah sebuah aplikasi messenger. Ya, mirip seperti Whatsapp. Tapi Viber dikatakan memiliki fitur lain, yaitu telpon. Mari kita lihat lebih jauh.

Fitur Viber :

  1. Gratis 
  2. Mudah digunakan, mengenali kontak dengan nomor seluler. 
  3. Chatting 
  4. Geolocation, terintegrasi dengan peta 
  5. Berkirim gambar 
  6. Preview gambar di percakapan 
  7. Mendukung push notification (termasuk pemberitahuan teman yang baru bergabung di Viber) 
  8. Switch All Contacts dan Viber Contats 
  9. Bebas iklan

Terus terang, tampilan dan perilaku Viber memang mirip WhatsApp. Tapi jelas perbedaan tetap ada. Salah satunya adalah halaman kontak Viber dijadikan satu. Untuk mengganti dari All Contact ke Viber Contact, cukup tap pada pilihan yang terletak di atas daftar nama. Perbedaan lain, kalau kita mengaktifkan geolocation, maka pada setiap pesan yang kita kirim di Viber akan terdapat geotag lokasi kita. Terakhir, Viber memiliki pemberitahuan (push notification) kalau ada salah seorang kontak kita yang baru saja bergabung menggunakanViber.

Nah, sementara itu sebagai kelemahannya, Viber belum mendukung beberapa hal. Seperti misalnya  foto profil atau avatar, emoticon, dan juga group chat. Padahal fitur-fitur itu biasanya disukai di aplikasi messenger. Yang fatal, salah satu fitur Viber yaitu call/telpon juga belum berfungsi.

Ada satu hal lagi yang cukup membuat bingung. Di bagian setting terdapat pilihan untuk menghubungkan Viber dengan Facebook. Tapi sejauh yang kami coba, belum terlihat fungsi tertentu untuk itu, kecuali membagikan foto yang kita terima di percakapan.

Mungkin hal-hal di atas bisa dimaklumi. Karena Viber for WIndows Phone ini memang masih dalam versi beta. Berarti masih akan dikembangkan lagi. Saat ini, untuk penggunaan sehari-hari masih lebih fungsional WhatsApp, atau bahkan Talkbox.

Sumber : www.idwinphone.com

0 komentar:

Powered by Blogger.