TWITTER

Twitter adalah situs micro blogging yang dioperasikan oleh Twitter, Inc. Disebut micro blogging karena situs ini memungkinkan penggunanya mengirim dan membaca pesan seperti blog pada umumnya. Pesan tersebut dinamakan tweets, yaitu teks tulisan sebanyak 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna.
Perkembangan dunia teknologi semakin memudahkan para pengguna twitter yang kian hari kian bertambah banyak. Melalui aplikasi eksternal yang kompatibel seperti telepon seluler atau dengan SMS, Anda bisa mengirim dan menerima tweets langsung dari situs twitter. Dengan kemudahan seperti ini, twitter telah mendapat tempat di seluruh dunia dengan bertambahnya pengguna twitter hingga lebih dari 100 juta user.
  1. Kantor dan Konten Twitter

Twitter yang dibentuk dan diluncurkan pada 2006 ini telah membuat pendirinya, Jack Dorsey, menjadi pengusaha muda yang sukses di bidangnya, menyusul jejak Zuckerberg, sang pendiri facebook. Kepopuleran twitter menjadi salah satu social network yang merajai dunia maya, sejajar dengan facebook yang digandrungi oleh semua usia.
Pendirian Twitter, Inc. dibiayai oleh Obvious, LLC. Markasnya terletak di San Bruno, California, dekat San Fransisco. Kemudian, server dan kantor Twitter yang lain tersebar di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts.Twitter menjadi populer pada tahun 2007 pada festival South by Southwest. Pada september 2010, twitter mengganti logo dan membuat desain. Logo tersebut terus disempurnakan menjadi seperti apa yang bisa dilihat sekarang ini.  
Dalam twitter, terdapat konten-konten yang semuanya bisa kita gunakan dengan mudah. Konten-konten tersebut antara lain :

  • Home, terdapat tweets yang dikirimkan oleh orang-orang yang menjadi teman kita (user yang kita follow). Home biasanya juga disebut dengan Timeline. Tweet yang kita tulis juga akan muncul di timeline milik teman yang menjadi follower kita.
  • Profile, terdapat profil atau data diri serta tweets yang pernah kita posting. Dalam profil terdapat foto yang bisa diupload.
  • Follower, pengguna lain yang ingin menjadikan kita sebagai teman.
  • Following, akun seseorang yang mengikuti akun pengguna lain agar tweets yang dikirim oleh orang yang diikuti itu masuk ke homenya.
  • Mentions, balasan dari percakapan agar sesama pengguna bisa langsung menandai orang yang akan diajak bicara. Mention ini dilakukan hanya dengan menulis @ kemudian diikuti nick name.
  • Favorite, tweets yang ditandai tanda bintang, yang artinya favorit agar tidak hilang oleh halaman sebelumnya. Favorit ini biasanya berupa kata-kata mutiara atau kata-kata indah yang disukai.
  • Direct Message, pesan seperti SMS yang dikirimkan oleh pengguna satu ke pengguna lain tanpa bisa dilihat pengguna lainnya. Hanya yang dikirimi pesan yang bisa melihat pesan ini. Dengan kata lain, Direct Message ini bisa disebut dengan Private Message.
  • Hashtag, simbol yang ada di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik sejenis yang ditulis oleh pengguna lain.
  • List, pengelompokkan following pengguna ke dalam satu grup atau list. Biasanya untuk menyatukan teman-teman kantor, teman sekelas, atau komunitas lain.
  • Trending topic, topik yang sedang hangat dibicarakan oleh banyak pengguna dalam satu waktu yang bersamaan.


2. Cara Menggunakan Twitter
Menggunakan Twitter memang semudah memainkan telunjuk kita. Begitu pula dengan cara membuatnya. Asalkan kita memiliki email, Anda bisa membuat tweet hanya dalam beberapa menit saja. Yang penting,
  • Siapkan laptop atau komputer dan jaringan internet yang baik. Setelah jadi, pengguna bisa dengan mudah mengakses twitter melalui browser handphone atau melalui aplikasi lain.
  • Pastikan telah memiliki email, entah berupa yahoo, gmail, atau ymail.
  • Setelah itu, bukalah alamat twitter.com
  • Kemudian lihatlah kolom bawah yang berupa kotak dengan tulisan Sign Up.
  • Isilah email dan password yang sesuai. Jika sudah lengkap, klik Sign up.
  • Lalu tinggal mengisi user name (nama yang ingin dimunculkan dalam twitter) dan password yang terdiri atas 6 karakter kemudian.
  • Klik Create my account.

Sekarang pembaca telah siap dengan twitter dan bisa berkicau sepanjang hari. Twitter juga memiliki keunikan lain, yaitu bisa dengan mudah mengganti latar belakang atau tema yang sesuai dengan selera. Caranya, pilih edit your profile kemudian pilihlah design. Pilih gambar yang tersedia atau memilih gambar sendiri sesuai selera, yaitu dengan memilih Costumize your own.

Dalam twitter, dikenal istilah follower atau pengikut untuk orang-orang yang menambahkan profil kita sebagai teman mereka. Kegiatannya disebut following atau mengikuti. Anda juga bisa mem-follow balik mereka yang menjadi follower. Untuk memahami konsep follow dan follower, bisa lebih mudah dimengerti dengan melakukannya langsung. Jika mem-follow seorang user, berarti bermaksud ingin menjadi temannya, sehingga bisa melihat tweetnya. Jika di-follow oleh seorang user, berarti dia bermaksud ingin menjadi teman dan bisa melihat tweet kita setiap harinya.
Anda juga bisa membatalkan follow yang telah dilakukan pada seorang user dengan memilih unfollow. 

Dengan demikian, tidak bisa melihat tweetnya lagi. Ketika harus me-reply atau membalas tweets yang ditulis seseorang dalam profilnya, hanya tinggal mengetik tanda '@' lalu ketikkan nama orang tersebut, namun juga bisa langsung memilih reply yang terdapat di bawah tweet tersebut. Tinggal menulis tweet padanya.
Untuk retweet terdapat dua cara yang bisa dipakai. Retweet saja berarti mengopy tweet tersebut untuk masuk ke tweet. Sedangkan retweet with comment berarti mengulang tweet tersebut sambil menuliskan comment, sehingga dalam tweet tersebut akan muncul tulisan RT.

0 komentar:

Powered by Blogger.