PEMASARAN HASIL EKONOMI KREATIF DESA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI E-COMMERCE

Persaingan dalam dunia bisnis yang semakin ketat telah mendorong setiap pelaku usaha melakukan inovasi dlam pemasaran untuk meningkatkan omset dan target penjulan. Didukung dengan perkembangan dan infrastruktur internet yang menjangkau pedesaan adalah peluang yang strategis bagi pemerintah daam mendorong produktifitas ekonomi kreatif yang ada di pedesaa. Ekonomi kreatif dari pedesaan misalnya hasil kerajinan tangan, hasil pertanian, hasil perikanan, dan berbagai hasil ekonomi kreatif yang ada di pedesaan.


Permasalahan Selama ini kurangnya modal bagi pelaju ekonomi kreatif, kurangnya pengetahuan dan sistem pemasaran yang tidak bisa dijangkau luasyang hanya terbatas oleh penampung dengan harga yang sangat murah.


Besarnya dana yang dialokasikan oleh pemerintah pusat setiap tahun di setiap desa adalah peluang yang sangat baik dalam mengembangkan ekonomi pedesaan dengan memanfaatkan perkembangan sistem informasi dengan sistem transaksi E-Commerce, bukanlah hal yang mustahil desa akan menjadi kelebihan dari E-Commerce adalah sebagai berikut :


1.    Memperpendek Jarak

Pembeli dapat membeli langsung tanpa harus datang ke lokasi dan tanpa dibatasi waktu 24 jam bisa melakukan transaksi.


2.    Perluasan Pasar

Jangkauan daerah pemasaran menjadi semakin luas, tidak lagi terbatasi oleh area geografis.


3.    Perluasan Jaringan Mitra Bisnis

Perusahaan bisa bekerja sama dengan siapapun dan dimanapun tanpa dibatasi oleh area geografis.

0 komentar:

Powered by Blogger.